Saturday, June 20, 2015

Bulan Puasa, Ngirits Apa Ngorots?

alo iriters, puasa hari ketiga nih.

Bulan puasa, ngirits apa ngorots alias boros nih?  Harusnya sih ngirits ya, lha wong yang biasanya makan tiga kali sehari sekarang jadi dua kali aja. Yang biasanya suka ngemil tralala di siang hari juga udah ngga lagi kaaan. Tapi banyak loh yang bilang puasa bukannya ngirits tapi malah ngorots. Hmm... kira-kira apa ya penyebabnya? Coba kita analisis, mungkin....

  1. Harga-harga kebutuhan pokok suka naik di bulan puasa bahkan menjelang puasa. Telur yang jauh sebelum puasa harganya 18 ribu, menjelang puasa jadi Rp 21.500. Apakah mungkin karena para ayam juga butuh THR yak? *barangkali mereka bertelur secara cesar mak, jadi biayanya lebih mahal*
  2. Berganti gaya hidup. Kalo biasanya tiap hari makan tahu, tempe, telur aja gonta-ganti tiap hari . Bulan puasa pengennya yang spesial menunya spesial dong, ayam goreng kecap, kepiting saus tiram, dendeng balado. 3xmakan tempe dibanding 2xmakan daging lebih mahal mana cobak? Itung ndiri yak. Kalkulator emak batrenya habis :p
  3. Mendadak banyak maunya. Menjelang buka, ngabuburit sambil cari hidangan berbuka. Beli makanan manis deh barang sebiji dua biji. Tapii liat martabak telor juga pengen, padahal kan asin tuh. Giliran buka puasa bingung dah tuh gimana ngabisinnya. Baru makan mendoan sebiji udah kenyang soalnya. *suara dari langit: jual lagi maak, jual lagiii*
  4. Banyak agenda bukber alias buka bersama. Yakalo bukber di masjid sih gapapa ya, kan gratis, bisa plus mbungkus-mbungkus jugak hihii. Tapi ini undangan bukber dari temen TK urunannya 30 rebu seorang, kali deh tuh 3 orang kan bawa suami sama anak. Undangan bukber temen SD urunan Rp 40.000,- Masih ada tiga undangan lagi, dari temen-temen SMP, SMA, sama kuliah. Eh pulang kerja suami ngasih undangan bukber juga dari temen-temen sekolahnya dulu. 
  5. Nah kalo yang ini jawaban dari salah satu iriters di fanpage. Katanya bulan puasa tambah ngorots karena biasanya si ayah di rumah cuma makan sekali pas malem. Ngga biasa sarapan dan makan siang disediain kantor. Bulan puasa jadi makan dua kali deh, sahur sama malem hehehe.
  6. Dana tambahan buat ngiming-ngimingi bocah yang mau puasa penuh. "Hayo kak, puasa sampe magrib ya, ntar buka puasa dibeliin bakso deh!"

Gimana dengan kamu iriters, bulan puasa, ngirits apa ngorots?

salah satu halaman di komik Mak Irits cetak, udah beli beluum?

@eMakIrits

37 comments:

  1. Hahahaha. Betul banget Mak. Malah keluar lebih banyak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUdah2an uang yang masuk juga ikut banyak ya Mak hehehe

      Delete
  2. hihi....balas dendam pas buka puasa ini mak apalagi dakuw menyusui,,,kyaknya buka n sahur double porsi hihi

    ReplyDelete
  3. hahaha...belanja jg kalap..giliran mo masak jd mikir pa dulu ya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanjanya kalap to wong banyak orderan nugget sama puding mini hehe

      Delete
  4. hahaha...belanja jg kalap..giliran mo masak jd mikir pa dulu ya..hehehe

    ReplyDelete
  5. Wkwkwkwkwkwk....Tak kira ngiritssss Mak, eh lha dalak ternyata pas masak nasi kan dipangkas jumlahnya eh malah kelabakan mau makan lagi dah habis nasinya. Ternyata puasa nggak puasa jatah nasinya masih sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tambah banyak ya seklai makan hehe

      Delete
  6. Memang jadi lebih banyak pengeluaran terutama untuk makanan. Hihi. ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen makan yang enak2 dan mahal ya Ila :)

      Delete
  7. Huhuhuhu... aku malah ngorots, Mak. Budget dapur jadi dua kali lipat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa maak, seperti alasan di atas apa ada alasan lain nih?

      Delete
  8. Iya jadi agak boros untuk makanan, tapi untungnya sekarang anak2 libur sekolah berkurang banget deh uang ongkos dan bekalnya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo asalnya ngemil siang pindah jam di malam hari yo mak hehehe

      Delete
  9. bhahaha..bener juga apa kata si tuyul...

    ReplyDelete
  10. hari kerja aku bisa ngirit nih eh pas masuk weekend payah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekend jalan2 terus pasti ya mba Lia ;)

      Delete
  11. Replies
    1. Bahaya jalan2 dikala perut lapar :D

      Delete
  12. Bulan apa pun udah biasa ngorots sih.

    ReplyDelete
  13. Hahaha,,, betul mak.. kalo mau buka puasapuasa makannya pengen ini itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting dimakan, jangan udah beli trus dibuang :D

      Delete
  14. Nah yang nomer 3 itu! Kadang mata lebih laper daripada perut.. Dan pas udah waktunya buka puasa, bingung dah mau ngabisinnya gimana :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga usah bingung dikirim ke rumah emak aja sinih :p

      Delete
  15. Di rumah malah jadi ngirit. Soalnya makan apa aja udah enak.
    Dan perut gak bisa terisi banyak, soalnya hbs buka tarawih trs tidur, gak sempet mkn bnyk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntah kenapa kalo puasa jadi cepet kenyang ya mak

      Delete
  16. Ha..ha..ha..betuul...keliatannya malah tambah ngorots... soalnya segala dibeli sebelum buka puasa. Segala ingin... :D

    ReplyDelete
  17. Ha..ha..ha..betuul...keliatannya malah tambah ngorots... soalnya segala dibeli sebelum buka puasa. Segala ingin... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngga sanggup bngabisin kirim ke rumah emak yaa

      Delete
  18. saya ngorots, Maaakk *langsung disemprot Mak Irits ini, sih hahaha

    ReplyDelete
  19. Kalau aku ngirits mak, soalnya pas siang hari gak banyak jajan...soal buka puasa masak sendiri belanja dipasar budgetnya sama kyak hari biasanya mungkin nambahnya karena harga2nya ada yg naik...Tapi yaitu iritlah soalnya gak beli jajan kalo siang wkkwkwk...

    ReplyDelete
  20. Hahaha tuyulnya sampe marah gitu dituduh ngambil duit :D

    ReplyDelete
  21. ALhamdulillah, malah irit mak, soalnya kita mah da jarang jajan :))) *keluarga irit*

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)