Tuesday, March 31, 2015

Jurus Ngirits Anak Kos

Selain emak-emak alias ibu rumah tangga, yang paling dekat dengan prilaku irits adalah ANAK KOS.

Nggak melulu karena uang bulanan kurang atau datang terlambat loh ya jangan underestimate. Anak kos yang uang bulanan turah-turah tapi tetep ngirits juga ada, salah satunya ya emak jaman ngekos dulu *sombong, jumawa, arogan hahaha.

"Wah emak anak orang kaya nih"

Kalo ada yang bilang gitu diaminkan aja, tapi pada tau ga kenapa uang bulanan emak bisa turah-turah ya karena ngirits lah xixixi.

Bedanya yang ngekos sama yang ngga, tiap kali butuh sesuatu kan harus ngeluarin duit sendiri *meskipun duit pemberian ortu siih, jadi semacam ada perasaan sense of belonging gitu sama uang, kayak eman-eman mau ngeluarin. Mending ditabung buat masa depan #SokBijak.

Nah kali ini emak mau berbagi jurus ngirits anak kos yang sudah emak praktekkan sendiri jaman ngekos dulu dan terbukti, berhasil, berhasil *ala dora.



Cari kos yang dekat kampus
Teorinya kos yang dekat kampus akan membuat kita lebih irit tiga hal: waktu, tenaga, dan uang. Tapi pada kenyataanya kos dekat kampus muahal, ya ga jadi ngirits dong. Atau kalopun ada yang murah tempatnya kumuh. Yang bagus dan murah ada cuma satu-satunya dan selalu penuh *pemiliknya ga butuh duit mau sodaqoh :D

Cari kos yang ibu kosnya baik
Butuh usaha ekstra untuk mendapat kos yang kaya gini. Kamu harus rela mewawancara anak kos senior untuk dapat info lebih tentang ibu kos. Sebisa mungkin cari yang ibu kosnya baek, suka mbagi makanan, dan mudah jatuh iba sama anak kos.

Cari kos yang free wifi
Kalo kos kamu ada free wifi, kamu ngga perlu lagi ke warnet untuk update status. Eh udah ngga jaman ya warnet. Ralat deh kamu ngga perlu beli paket data internet lagi. Jangan lupa cari kampus yang berwifi juga. Makan di warteg berwifi, naik angkot berwifi. Biar kamu bisa selalu eksis dengan GRATIS.

Cari partner buat diajak satu kamar
Sekamar berdua ata lebih tentu akan lebih murah dari sekamar sendiri. Emang sih privacy jadi berkurang, tinggal kamu lebih mentingin mana, privacy apa duit? Hahaha. Ngajak orang jadi roommate juga ngga bisa sembarangan. Yang pasti kamu harus pilih yang sejenis kelamin, nyambung sama kamu, dan kalo bisa yang hobi nraktir hahaha.

Cari teman dekat yang bisa naik motor dan punya motor
Tujuannya tentu saja dong biar ada yang bisa diandalkan untuk mengantar ke sana kemari dengan rela hati tanpa minta gati uang bensin. Berarti pertemanannya ngga tulus dong? Ya ngga perlu dibahas juga kali, ini kan jurus ngirits bukan jurus mendapatkan sahabat sejati. Kalo hgga mau praktekin yaa skip ajaa

Hunting tempat makan murah
Jaman emak ngekos dulu ada warung yang membebaskan kita ambil nasi seberapapun, yang pnting masih dalam satu piring, ga dibungkus bawa pulang. Yang diitung lauknya aja. Nah kalo yang model gini asik banget ngajak temen rame2 makannya sepiring berdua, bertiga, berempat dan seterusnya tergantung kemampuan dan kemaluan *eh maksudnya daya tahan banting terhadap rasa malu. Kalo dinyinyirin ya bilang aja, "lagi pengen romantis-romantisan makan sepiring berdua, situ ngiri ya karena jomblo!!!"

Masak bareng
Ajak temen satu kosan masak bareng. Buatlah jadwal piket masak tiap harinya. Sehari cukup dua orang aja. Uang buat beli bahannya urunan. Menu yan disarankan, tahu, tempe, telur, dan sayur mayur. Kalo pas cabe murah, bisalah tambah sambal. Boleh ikan, tapi pilih pindang atau ikan asin aja. Kenapa mak? Ya karena murah laaah.

Sekian dulu jurus ngirits anak kos dari emak, yang punya jurus ngirits lainnya bisa lho dishare =)

@eMakIrits

31 comments:

  1. waktu kuliah aku kost cuma sebulan, gak betah hehehe. Gak bisa nonton bola malem2 .kost sekamar berdua harus cari yang cocok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal rata2 pada seneng ngekos karena lebih bebas lo maak

      Delete
  2. satu lagi mak, aku dulu pas kost sampe nanem sayur2an sendiri lho, kebetulan tempat kos-annya punya sepetak kebun di belakang rumah. ada kangkung, jagung, cabe. lumayan mak pas kiriman wesel (ketauan umur jadul haha) belum nyampe, tinggal panen sayur kebun sendiri, makan pake nasi panas dicocolin sambel. hemat! eh irit! haha

    ReplyDelete
  3. bener bnget itu mak...n trbukti smpe sya kos waktu kerja haha...ada2 ja idenya..mantab mak

    ReplyDelete
  4. Baagus, nih, kalau dibaca sama ponakan saya yang lagi ngekost.

    ReplyDelete
  5. Cari temen dekat yang bisa ditraktir naik motor ke mana-mana… hahaha…
    Kayak tukang ojek aja… hehehe..

    Nah, biasanya tukang ojek itu “pacarnya” hemz…. Benar nggak bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga, ntar bikin FTV judulnya "Pacarku Tukang Ojeg" hahaha

      Delete
  6. blognya pake template responsive dek, biar klo dibuka lewat tablet atau hp blognya enak dilihat. iklannya jg gak ilang

    ReplyDelete
  7. Hihi... jadi inget zaman ngekost dulu..saya super irit deh... sering puasa senin kamis buat ngirit ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka puasanya bareng sama rohis disediain biasanya hehehe

      Delete
  8. Sering datang ke kondangan Mi. Tapi datang doang dengan amplop kosong..hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seirit2nya emak tak pernah melakukan hal itu, sori yaa *nggaya puol*

      Delete
  9. Hihi, bener banget. Beli lauk bareng, jadi irit. :D Kadang juga masak dijatah per minggu gantian piket masak. x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan lauknya secuil demi secuil ya Ila :D

      Delete
  10. ada tambahan lagi sebenernya, mak. :D ngikut organisasi di kampus, pasti banyak makanan tiap kali ada undangan seminar. wekeke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener lumayan dapet nasi kotak

      Delete
  11. Kalau jurus2 itu dilakoni, bakalan irit banget...

    ReplyDelete
  12. Ngga pernah ngekos soalnya rumah dekat kampus :)

    ReplyDelete
  13. dari semua point di atas, aku beruntung dpt keluarga kos yg baiiik ^o^. Apalagi aku 1-1nya yg ngekost di sana ;p..kyknya sih itu ibu kost emg ga cari duit...supaya kamar kosongnya keisi aja ...jd tuh uang kos dari thn pertama ampe thn ke4 ga naik2 bok ^o^..Happy ga sihhh...

    ReplyDelete
  14. Partner satu kamar itu pentiing banget. Yg baik, soleha, ngga boros, dll. Itu partner y baik. :D

    ReplyDelete
  15. Kasihan yang di mintai tolong mulu sih hihih

    ReplyDelete
  16. saya gak pernah ngekos, Mak. Tapi, tipnya boleh juga hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau saya ngekos biasanya bawa kering tempe sama telur asin mak, buat sarapan. Melas bgt ya...trus kalau mau les tambahan yang agak jauh, nebeng motor temen. makanya, saya jadi ramah sama semua orang, padahal aslinya pendiem hehe...

    ReplyDelete
  18. Kalau saya ngekos biasanya bawa kering tempe sama telur asin mak, buat sarapan. Melas bgt ya...trus kalau mau les tambahan yang agak jauh, nebeng motor temen. makanya, saya jadi ramah sama semua orang, padahal aslinya pendiem hehe...

    ReplyDelete
  19. Semua tips mak irits udah saya lakuin dulu pas ngekos th 98-2002. kecuali yg soal wifi. belon ada soalnya jaman itu :D

    oya ditambah satu lagi, cari teman kos yg keluarganya baik dan suka berbagi. hi..hi... jadi kalau datang nengokin oleh-olehnya seabreg dehh :D nah... makmur kite ...*kekepdompet

    ReplyDelete
  20. Cari teman dekat yang bisa naik motor dan punya motor... modus banget ini.... :v
    btw, saya sudah menerapkan cara yang keempat mbak.... teman satu kamar.... B)

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)