Thursday, June 19, 2014

Pembulatan

Tenang aja, ini bukan mau nulis tentang pembulatan yang ada di pelajaran matematika itu. Yaiyalahh, matematika di EBTANAS aja dapet dua mana mungkin mau sok-sokan ngomongin matematika.

Pasti sering dengar kan jurus promo para pedagang, seperti diskon sekian persen untuk pembelian kedua, beli satu dapet dua, atau beli satu dapet lima? nah kalo yang ini baru langka :p

Mungkin yang kayak gitu udah terlalu mainstream ya, sehingga ada pedagang yang menerapkan cara lain dalam memasarkan produknya. Misal waktu saya beli gorengan.

Saya     : Bu ini berapa? (nunjuk mendoan)
Penjual : Satu 600
Saya     : Dua deh
Penjual : (mungkin dalem hati ngomong: ngirit amat mbak! :p) Tiga aja mba, dua ribu (dari nadanya seolah-olah kalau beli tiga akan lebih menguntungkan bagi saya)
Saya     : Oooh (dalem hati saya pikir semacam paketan gitu ya, kalo beli tiga agak lebih murah, tapi.. kok ada yang janggal. Otak kalkulator kemudian bekarja, daan...) Loh kok tiga jadi lebih mahal sih (baru sadar 600x3 kan harusnya 1800, kalkulatornya merek apa sih? lemot amat :p)
Penjual : Iya tho ya, kan dibulatkan (polos, wajah tanpa dosa)

Habis itu besoknya, saya selalu bawa recehan, dan kalo beli gorengan gitu saya bilang, "Aku bawa receh rak usah pake pembulatan" (dengan nada galak).

Saya pikir hanya penjual gorengan ini yang rada-rada ajaib. Ternyata saya salah sodara-sodara.

Beberapa waktu lalu saya beli bolang-baling. Di gerobaknya tertulis harga Rp.700. Tapi kalo saya beli lima, biasanya dia kasih harga Rp.3000. Ya pikir saya didiskon gitu karena beli banyak ya, atau karena udah langganan.

Besoknya saya kesana lagi tapi mau beli 10. Eh dikasih harga Rp.7000. Saya bilang ke masnya. "Lho biasanya saya beli lima dikasih harga tiga ribu?"

"Iya bu sekarang udah 700 harganya." Yo wis mungkin emang udah naik ga bisa didiskon lagi ya.

Besoknya lagi saya beli lima, ehh dikasih harga tiga ribu lagi. Lha piye to mas? *gigit-gigit jilbab #GagalPaham

15 comments:

  1. buahahaha,,,lucu banget sih mak irit ini,,,

    ReplyDelete
  2. kalau ke warung aku juga bawa recehan seratus, dua ratus sama lima ratus :)

    ReplyDelete
  3. Hahahhahah lain kali belinya 5 biji 2 bungkus. 10 totalnya, tapi bayarnya 6000. :D

    ReplyDelete
  4. Hahaha, aku sering banget ketemu penjual seperti itu. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha iya suka gemes sama penjual seperti itu

    ReplyDelete
  6. mak iritsss, plis deh jangtan bikin perut saya geli membacanya...

    ReplyDelete
  7. Haha... lucu Maak... sering juga tuh, pedagangnya bulatin jadi lebih mahal
    Salam kenal ya Mak

    ReplyDelete
  8. ha, ha, memang itu taktik kali ya....lebih sebel kalau uang kembalian gak dikembalikan krn gak ada uang receh

    ReplyDelete
  9. hahaha! lucu amat mak irits :D
    lha kok bisa gitu ya? :D gumun saya...

    ReplyDelete
  10. Hihihi, ada-ada aja. Harga kok bisa gak konsisten gitu ya :D

    ReplyDelete
  11. Hahaha... itu yang jualan bikin gemes deh pengen jiwit.
    Mungkin pikirnya, pokoknya harganya mau ngurangin apa engga ya suka2 hatiku, pokoke patokannya 700 titik haha

    ReplyDelete
  12. beli bensin pun juga suka dibulatin gitu mak, kagak dikasih kembaliannnn ughhh pengen ngomong minta kembaliannya walau berapa ratus tapiiiiii lidah keluuu, hiks! Lain kali belinya ngepas aja, biar ga sah ada kembalian.

    ReplyDelete
  13. Hehehehe... lucu banget deh mbak irit ini. :D

    ReplyDelete
  14. Hhahahah... pembulatan bisa aja. :)
    Kocak2 mbak. :D

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)