Thursday, March 27, 2014

[KOMIK] Memilih Bisnis Yang Tepat

Jaman sekarang cukup banyak orang yang berbisnis. Baik itu pribadi maupun kelompok. Laki-laki ataupun perempuan. Pekerja kantoran dan yang bukan, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Kamu juga salah satu yang tertarik ingin berbisnis? Tapi bisnis apa ya? Yang untungnya gede, kalo bisa sih modal sama resikonya kecil, hihihi maunyaaa.

Berbicara soal bisnis, ngga bisa saklek ya. Buka warung lebih menguntungkan daripada buka butik, belum tentu. Jual sembako lebih prospek daripada jual mainan, ngga mesti juga.

Tergantung lah dimana kita mau menjalankannya. Lihat kebutuhan masyarakat setempat. Ada pesaingnya atau tidak, dan sebagainya.


Tapi kalau saya nomor satu yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih bisnis adalah apa yang saya suka. Karena dengan begitu saya akan menjalaninya dengan sepenuh hati dan riang gembira.

Jaman kuliah saya pernah jualan baju, sepre, dan bedcover. Saya pilih model dan motif yang saya suka aja. Meskipun ngetrend, kalo menurut saya jelek saya ngga jual. Kenapa? Biar kalo ga laku bisa dipake sendiri hahaha. Tapi untungnya jualan saya waktu itu lumayan laris. Selera yang beli sama kali ya dengan selera penjual. Kalopun ngga laku bisa dituker juga sih dengan barang yang lain. Karena gitu perjanjian sama bakulnya.

Temans punya pengalaman berbisnis juga? Yuk share!

@MissHagemaru


22 comments:

  1. Waah betul sekali Miss.
    Btw, komiknya koplak. :D

    ReplyDelete
  2. Aku pernah ngebisnisin jasa foto wisuda, jasa foto couple (ala abege kinyis2), sampe jasa foto prewedding menengah kebawah. murah meriah dan target pasarnya ya orang2 yang gak mampu foto di studio mahal. sekarang udah bangkrut, gara2 jaman sekarang mahasiswa yang punya dlsr itu segambreng. dan semuanya bisa melakukan hal yang sama wkwkwkwkwk *tepok jidat* *jidat miss hage*

    ReplyDelete
  3. hihi saya juga kalo bisnis cari yang disuka aja, biar kalo gak lakuu bisa dipake sendiri :p

    ReplyDelete
  4. gemes banget ih sama miss hagemaru xixixixi.... ngikik liat komiknya :) Rahmi banget deh kayaknya *kabooooorrr

    ReplyDelete
  5. setuju..bisnis yang kita suka. dulu, abis melahirkan, nyoba jualan baju baby. idenya dr baju baby yg lucu2..akhirnya drpd belanja terus, jadilah bisnis onlen baju baby. selain dijual, dipake juga buat baby. Alhamdulillah laris manis :D

    ReplyDelete
  6. dulu saya & suami pernah bisnis pulsa all operator, punya server sendiri dan stok langsung dari distributor operator resmi.
    sempat menikmati manisnya, namun sejak banyak batasan area dari operator, dan makin menjamurnya bisnis serupa, kami malah memutuskan out :D

    btw naksir sama gambar miss hagemaru deh :p

    ReplyDelete
  7. Aku sampe sekarang milih bisnis tokofranchise hehehe...jadi g susah2 mikir....sapa tau nanti bisa buka sendiri hehehe

    ReplyDelete
  8. Bisnis jasa paling dikit modal dan resiko, kyk eike jasa bikin toko online *eh promosi, kabuuuuuur...

    ReplyDelete
  9. saya juga lebih suka bisnis, mak. Meskipun kerja kantoran juga iya..hehehe..:)

    ReplyDelete
  10. ahhahaah miss hagemaru, eh aku bisnis malahan barangnya kebanyakan yang aku penginin huwaaa guling-guling ehhehe :D

    ReplyDelete
  11. haahaha ... jualnya yang disuka dan kalo gak laku bisa dipake sendiri... brilian :D
    tapi alhamdulilah kan laris..

    komiknya kampret :D

    ReplyDelete
  12. Hihihi, Miss Hagemaru emang gokil

    ReplyDelete
  13. saya belum belajr bisnis maak, padahal kalau saya liat orang orang bisnis, mau jugaaa. tapi belum tau caranya :)salam kenal maak

    ReplyDelete
  14. kalau bisnis,,memang sebaiknya dilakukan dengan senang hati...demikian juga dengan barang yang akan dijual,,,sebaiknya barang itu kita menyukainya juga.....komiknya lucu banget....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  15. saya lagi pengen bisnis juga nih miss.
    :( tapi ngenes modalnya ada.
    modal doa, insyaAllah selalu pul.

    salam kenal sebelumnya :))

    ReplyDelete
  16. Bisnisku memang sesuai dgn yang aku suka. Pernah keasyikan nerima pesenan kue dan jahit baju juga. Tapi kok rasanya nggak bisa bagi waktu ya? Udah lama nggak bisnis lagi. Semoga bisa segera mulai..
    Ih, itu Komiknya lucu banget, mak :D

    ReplyDelete
  17. hahaha,, kalau belum laku dipake dulu? kalau laku berati daganganya abis dipake donk :P jadi......??? OMG wkwkw

    ReplyDelete
  18. hahahha ... sama kaya ibuku, suka jualan baju, beli pun menurut selera beliau. tapi kalo gak laku yaa buat di pake sendiri. ^_^ dan alhamdulillah keseringan lariiisss

    ReplyDelete
  19. Mak ide cemerlang tu...
    Gayanya oke, tapi ternyata barang dagangan...huahuahua

    ReplyDelete
  20. hahahaha....banyak pengalaman bisnis mulai kuliah miss,semua modal kamera,ke toko batik teman,fotoin,share di fb,lumayann keliling indo yg pesen...2 tahun lalu bisnis flanel,alhamdulillah juga,berhenti karena ngajar hehehehe..ini model apa nih miss bisnisnya hahaha

    ReplyDelete
  21. Wakaka..aku juga suka gitu kok sampai sekarang juga

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)