Saturday, January 11, 2014

Dua Hape atau Dual SIM?

Pada umumnya, harga kebutuhan itu semakin lama semakin naik kan. Contohnya aja harga elpiji 12kg, ya meskipun setelah naik bisa turun lagi, tapi tetep aja lebih mahal dari harga sebelumnya.

Tapi ada juga harga kebutuhan yang semakin hari semakin murah, yaitu kebutuhan telekomunikasi.

Dulu, saya masih inget sering ke wartel pagi-pagi banget, sebelum jam 6 untuk telpon Papa dan Ibu di luar kota. Kadang harus ngantri. Pada jam itu tarif telepon murah, bayarnya hanya 25%. Sekarang, wartel masih rame ngga ya?

yang kayak gini masih ada ga ya.. (gbr dari internet)

Dulu juga, waktu LDR an sama Ayah, tagihan telpon ayah membengkak sampek ratusan ribu gegara sering nelponin saya.  Ini benar-benar "Cintaku Berat di Ongkos" kayak lagunya Project Pop.

Inget ngga dulu pertama kali hape booming, SMS satunya Rp.350,- ada juga yang Rp.500. Sekarang udah turun jadi Rp.150,- bahkan kalo kita udah SMS dalam jumlah tertentu ntar bisa dapet bonus SMS ratusan kali. Sampe-sampe bingung gimana cara ngabisinnya. Ngga diabisin berasa eman-eman. Mau dijual, laku ngga ya.. hahaha..


Provider tertentu memberlakukan tarif roaming. Jadi cuma terima telpon aja, kita tetep bisa kena biaya kalo berada di luar area nomor yang kita punya.

Tapi itu dulu.. sekarang provider berlomba-lomba mengadakan promo, biar laku. Karena semakin banyak aja kan penyedia jasa komunikasi. Kadang kita sebaga konsumen dibuat galau enaknya pake provider mana. Udah memutuskan pake provider A, eh tiba-tiba besoknya provider B kasih promo yang lebih menggiurkan. Mau gonta-ganti nomor, ribet ah, harus pengumuman lagi ke orang-orang. 

Ya udah pake nomor lebih dari satu aja, biar bisa menikmati semua promonya.

Pake nomor lebih dari satu berarti nenteng banyak HP kemana-mana dong? Ya belum tentu juga. Sekarang kan ada yang namanya HP dual SIM. Jadi ada dua SIM card yang bisa dimasukkan dalam HP itu. Ada yang menyediakan buat GSM dan CDMA dalam satu HP, ada juga yang dua-duanya GSM semua. Eh katanya ada juga lo satu HP yang bisa untuk tiga simcard sekaligus.

Dengan punya dua nomor emang lebih irit sih saya rasa. Jadi kalo nelpon, pake provider yang sama dengan orang yang ditelpon biar murah.

Pilih yang mana? Kalo saya sekarang sih pake HP dual simcard, keduanya GSM. Biar simple. Beli hapenya juga cuma satu kan lebih ngirit ya, hehehe. Tapi kekurangannya sih kalo hapenya rusak atau batre pas habis ya nomornya dua-dua ngga bisa dihubungi.


@MissHagemaru

25 comments:

  1. mau dua hp atau 2 simcard yg penting ada pulsanya :D

    ReplyDelete
  2. saya sehari-hari pake ponsel Lenovo jadul dual simcard. Tapi yg saya isi cuma 1 slot pake IM#. Simpati mahaaa, akhirnya sy copot. Walhasil, ga bs internetan :( Yang bs bs internet cuma slot 1.

    Saya pake ponsel cuma buat sms dan telpon ja Mbak. Jadi lumayan irit hehe. Emang lebih praktis bawa 1 ponsel dg dua nomor. tapi ya itu, kalo pas batreinya abis, berabe ga bs apa2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja kalo pas batre habis males nge charge nya Pak hehehe

      Delete
  3. kalau aku milih kartunya banyak dan hapenya banyak, siapa tau ntar pas kehabisan duit bisa dijual sewaktu-waktu wkwkwkkk....

    ReplyDelete
  4. Disesuaikan aj dgn mayoritas phonebooknya..hehe, HP 2..ribet, dual sim...boros baterai..hahaha, :)

    ReplyDelete
  5. mending 1 tapi providernya yg agak merakyat dan gak bikin ngos2an kalau dibuat telponan lain operator
    smartfren/fren contohnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang satu nomor tetep satu gonta-ganti aja, tergantung yang "merakyat" pada saat ini yang mana :D

      Delete
  6. dua hape 1 provider + 2 proveder (dual sim) cocok mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah piye to kok hapenya dua providernya 1 tok

      Delete
  7. Iya juga sih lebih ngirit pilihan mbak Rahmi :)
    Eh wartel sekarang pada mati, mbak ... kayaknya gak ada yang hidup malah kalo di sini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mak :D
      Dulu orangtuaku punya usaha wartel, setelah HP merajalela langsung bangkrut deh >,<

      Delete
    2. udah jarang liat wartel, tapi tanteku masih punya wartel kadang buka kadang ngga

      Delete
  8. ada yg 1 hape 3 simcard. 2 gsm 1 cdma. sy pernah punya tp kayanya dulu ga bertahan lama deh. baru berapa tahun gitu trus rusak...

    ReplyDelete
  9. Aku pakek dual simcard, tapi teteo cuma masukin satu simcard aja >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bingung ya satunya mo diisi apa :p

      Delete
  10. mak rahmi, sebenernya enak juga tu yg duall sim card, karena kalo pake hape lebih dari satu,, ribet bawanya.. satu aja ribet apalagi kalo lebih dr satu.. hehe..

    ReplyDelete
  11. belum pernah dua2nya mba,,setia ama 1 nomor lama dan 1 hape lamaaaaaa jg he he,,

    ReplyDelete

Maaf ya iriters karena banyaknya spam yang masuk, semua komen dimoderasi dulu. Terimakasih sudah berkunjung :)